Tata Cara Bertayamum yang Benar dan Lengkap Sesuai Al Qur'an dan Sunnah

Pengertian Tayamum: Tayamum adalah menyapu debu tanah yang bersih ke muka dan tangan sebagai ganti wudhu dan mandi wajib ketika tidak mendapatkan air atau karena sakit.

Syarat-syarat Tayamum:

  • sudah masuk waktu shalat
  • sudah berusaha mencari air tetapi tidak menemukannya
  • dengan tanah yang suci dan berdebu
  • menghilangkan najis terlebih dahulu jika ada


Rukun Tayamum:

  1. niat
  2. mengusap wajah dengan debu
  3. mengusap kedua tangan sampai siku, dengan mendahulukan tangan kanan dari tangan kiri
  4. tertib


Hal-hal yang membatalkan tayamum:

  • semua yang membatalkan wudhu
  • adanya air atau mendapatkan air sebelum melaksanakan shalat


Niat Tayamum: 

Nawaitu tayammuma lisstibaahatishsholaati fardhol lillaahi taala.

Artinya: Saya niat tayamum agar diperbolehkan melakukan fardhu karena Allah SWT.


Doa Setelah tayamum, sama seperti setelah wudhu:

Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wandahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan 'Abduhuuwa Rosuuluhuu. Alloohummaj'alnii Minat Tawwaabiina Waj'alnii Minal Mutathohhiriin.

Artinya: Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci.

Untuk lebih lengkapnya silahkan tonton video di bawah ini: