Tambahan Lafadz Adzan Saat Pandemi Covid-19 (Penyakit Koronavirus)

Penyakit koronavirus 2019 (bahasa Inggris: coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019โ€“2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan. (Wikipedia)

Ilustrasi Virus Corona. (Source: NIAID-RML)
Ilustrasi Virus Corona. (Source: NIAID-RML)
Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain tetap berada di rumah, menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum, sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimum 20 detik, tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

Saat Pandemi Corona melanda seluruh Umat manusia, Masjidpun tak luput dari pengaruhnya. Pemerintah dan para alim ulama sedunia menganjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang mengundang masa, seperti beribadah di masjid. Namun kegiatan ibadah dialihkan di rumah. Bahkan Arab saudi menutup Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan meniadakan Umrah tahun 2020.

Beberapa negara sudah menerapkan penutupan sementara mesjid  untuk kegiatan ibadah, namun masih membolehkan adzan dikumandangkan. Bagaimanakah lafadz adzan saat terjadi pandemi Corona 2020? berikut ulasannya ysang kami kutip dari konsultasisyariah.com

Diantara sunah yang hampir tidak kita jumpai di masyarakat adalah tambahan lafadz adzan ketika hujan. Sebenarnya mungkin banyak tokoh masyarakat yang mengenalnya. Apalagi penjelasan tentang tamabahan lafadz adzan ini sangat mudah di dapatkan dan banyak disebutkan di buku-buku fikih. Namun mengingat lafadz adzan tambahan semacam ini jarang dikenal masyarakat, sehingga dianggap asing atau bahkan ajaran sesat. Sehingga muadzin enggan melantunkan lafadz itu ketika adzan, karena bisa jadi masyarakat akan menilainya sebagai orang sesat.


Tambahan Lafadz Adzan Ketika Hujan

Terdapat banyak riwayat yang menunjukkan adanya perbedaan antara lafadz adzan biasa dengan lafadz adzan ketika hujan. berikut beberapa riwayat yang menunjukkan hal tersebut,

Pertama, dari Nafiโ€™ dari Ibnu Umar

ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู†ูŽุงุฏูŽู‰ ุจูุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ููู‰ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุฐูŽุงุชู ุจูŽุฑู’ุฏู ูˆูŽุฑููŠุญู ูˆูŽู…ูŽุทูŽุฑู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ููู‰ ุขุฎูุฑู ู†ูุฏูŽุงุฆูู‡ู ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุฑูุญูŽุงู„ููƒูู…ู’ ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุงู„ุฑูู‘ุญูŽุงู„ู. ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุงู„ู’ู…ูุคูŽุฐูู‘ู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŒ ุจูŽุงุฑูุฏูŽุฉูŒ ุฃูŽูˆู’ ุฐูŽุงุชู ู…ูŽุทูŽุฑู ููู‰ ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู„ูŽ ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุฑูุญูŽุงู„ููƒูู…ู’.

Ibnu Umar pernah adzan untuk shalat di malam yang dingin, anginnya kencang dan hujan, kemudian dia mengatakan di akhir adzan,

Alaa shollu fi rihaalikum,

Alaa shollu fir rihaalโ€™

[Shalatlah di rumah kalian, shalatlah di rumah kalian]โ€™.

Kemudian beliau mengatakan,โ€Sesungguhnya Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam biasa menyuruh muadzin, apabila cuaca malam dingin dan berhujan ketika beliau safar untuk mengucapkan, โ€™Alaa shollu fi rihaalikumโ€™ [Shalatlah di tempat kalian masing-masing]โ€™. (HR. Muslim no. 1633 dan Abu Daud no. 1062)

Kedua, dari Nafiโ€™, beliau menceritakan:

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุงุจู’ู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽุฐูŽู‘ู†ูŽ ุจูุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ููู‰ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุฐูŽุงุชู ุจูŽุฑู’ุฏู ูˆูŽุฑููŠุญู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุงู„ุฑูู‘ุญูŽุงู„ู. ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑู ุงู„ู’ู…ูุคูŽุฐูู‘ู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽุชู’ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŒ ุจูŽุงุฑูุฏูŽุฉูŒ ุฐูŽุงุชู ู…ูŽุทูŽุฑู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ยซ ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุงู„ุฑูู‘ุญูŽุงู„ู ยป.

โ€œIbnu Umar pernah beradzan ketika shalat di waktu malam yang dingin dan berangin. Kemudian beliau mengatakan โ€˜Alaa shollu fir rihaalโ€™ [shalatlah di rumah kalian].

Kemudian beliau mengatakan,โ€Dulu Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam memerintahkan muโ€™adzin ketika keadaan malam itu dingin dan berhujan, untuk mengucapkan โ€˜Alaa shollu fir rihaalโ€™ [hendaklah kalian shalat di rumah kalian].โ€(HR. Muslim no. 1632 dan Abu Daud no. 1063)

Ketiga, dari Ibnu Abbas radhiyallahu โ€˜anhuma, beliau berpesan muโ€™adzin pada saat hujan,

ุฅูุฐูŽุง ู‚ูู„ู’ุชูŽ ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽู„ุงูŽ ุชูŽู‚ูู„ู’ ุญูŽู‰ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ู‚ูู„ู’ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุจููŠููˆุชููƒูู…ู’

โ€œApabila engkau selesai mengucapkan โ€˜Asyhadu allaa ilaha illalloh, asyhadu anna Muhammadar Rasulullahโ€™, maka janganlah engkau ucapkan โ€˜Hayya โ€™alash sholaahโ€™. Tetapi ucapkanlah โ€˜Sholluu fii buyutikumโ€™ [Sholatlah di rumah kalian].

ู‚ูŽุงู„ูŽ : ููŽูƒูŽุฃูŽู†ูŽู‘ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุงุณู’ุชูŽู†ู’ูƒูŽุฑููˆุง ุฐูŽุงูƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุชูŽุนู’ุฌูŽุจููˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽุง ู‚ูŽุฏู’ ููŽุนูŽู„ูŽ ุฐูŽุง ู…ูŽู†ู’ ู‡ููˆูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ูู‘ู‰ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉูŽ ุนูŽุฒู’ู…ูŽุฉูŒ ูˆูŽุฅูู†ูู‘ู‰ ูƒูŽุฑูู‡ู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ุฃูุญู’ุฑูุฌูŽูƒูู…ู’ ููŽุชูŽู…ู’ุดููˆุง ููู‰ ุงู„ุทูู‘ูŠู†ู ูˆูŽุงู„ุฏูŽู‘ุญู’ุถู.

Masyarakat pun mengingkari perkataan Ibnu Abbas tersebut. Lalu Ibnu Abbas mengatakan, โ€œApakah kalian merasa heran dengan hal ini, padahal hal ini telah dilakukan oleh orang yang lebih baik dariku (Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam). (HR. Muslim no. 1637 dan Abu Daud no. 1066).

Dari riwayat di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa lafazh adzan tambahan ketika hujan sebagai berikut:

1. ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุงู„ุฑูู‘ุญูŽุงู„ู (โ€™Alaa shollu fir rihaalโ€™ artinya โ€˜Shalatlah kalian di rumahโ€™)

2. ุฃูŽู„ุงูŽ ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุฑูุญูŽุงู„ููƒูู…ู’ (โ€˜Alaa shollu fi rihaalikumโ€™ artinya โ€˜Shalat kalian di rumah kalianโ€™)

3. ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ููู‰ ุจููŠููˆุชููƒูู…ู’ (โ€˜Sholluu fii buyutikumโ€™ artinya โ€˜Sholatlah di rumah kalianโ€™)

Tiga lafadz di atas tidak dibaca semuanya, namun dipilih salah satu.

Letak Lafadz tambahan โ€˜Shollu Fii Buyuthikumโ€™ atau โ€˜Ala Shallu fir rihaalโ€™

Pertama, menggantikan lafadz โ€˜hayya โ€˜alas shalaahโ€™, ini sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas di atas.

Kedua, diucapkan langsung setelah selesai adzan, sebagaimana yang dinyatakan dalam riwayat Ibnu Umar radhiyallahu โ€˜anhuma.

Ketika menjelaskan hadis Ibnu Abbas, an-Nawawi mengatakan,

ูˆููŠ ุญุฏูŠุซ ุจู† ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู‚ููˆู„ูŽ ุฃูŽู„ูŽุง ุตูŽู„ูู‘ูˆุง ูููŠ ุฑูุญูŽุงู„ููƒูู…ู’ ูููŠ ู†ูŽูู’ุณู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽูููŠ ุญุฏูŠุซ ุจู† ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูููŠ ุขุฎูุฑู ู†ูุฏูŽุงุฆูู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ุฃูŽู…ู’ุฑูŽุงู†ู ุฌูŽุงุฆูุฒูŽุงู†ู ู†ูŽุตูŽู‘ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูู‘ ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูู…ูู‘ ูููŠ ูƒูุชูŽุงุจู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽุชูŽุงุจูŽุนูŽู‡ู ุฌูู…ู’ู‡ููˆุฑู ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู†ูŽุง ูููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ

โ€œDalam hadits Ibnu Abbas radhiyallahu โ€˜anhu, muadzin mengucapkan โ€™Alaa shollu fii rihalikumโ€™ di tengah adzan. Sedangkan dalam hadits Ibnu Umar, beliau mengucapkan lafadz ini di akhir adzannya. Kedua cara seperti ini dibolehkan, sebagaimana ditegaskan Imam Syafiโ€™i rahimahullah dalam kitab al-Umm pada Bab Adzan, dan diikuti oleh mayoritas ulama madzhab kami (syafiโ€™iyah). (Syarh Shahih Muslim oleh an-Nawawi, 5:207)

Lebih lanjut, an-Nawawi menganjurkan agar dilakukan setelah adzan. Beliau mengatakan:

ููŽูŠูŽุฌููˆุฒู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ูˆูŽูููŠ ุฃูŽุซู’ู†ูŽุงุฆูู‡ู ู„ูุซูุจููˆุชู ุงู„ุณูู‘ู†ูŽู‘ุฉู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ู„ูŽูƒูู†ูŽู‘ ู‚ูŽูˆู’ู„ูŽู‡ู ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ู„ููŠูŽุจู’ู‚ูŽู‰ ู†ูŽุธู’ู…ู ุงู„ู’ุฃูŽุฐูŽุงู†ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุถู’ุนูู‡ู

Lafadz ini boleh diucapkan setelah adzan maupun di tengah-tengah adzan, karena terdapat dalil untuk kedua bentuk adzan ini. Akan tetapi, sesudah adzan lebih baik, agar lafadz adzan yang biasa diucapkan, tetap ada. (Syarh Shahih Muslim oleh an-Nawawi, 5:207)


Sumber: https://konsultasisyariah.com/15177-sunah-yang-hilang-tambahan-lafadz-adzan-ketika-hujan.html